Senin, 27 Januari 2014

Pengembangan Kurikulum PAI di Aliyah PTIQ jakarta





PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI ALIYYAH

Makalah ini disusun sebagai tugas dari matakuliah
PENGEMBANGAN KURIKULUM
Dosen Pembimbing :
Dr.H. Syamsul Bahri Tanrere Lc.,M. Ed




                                                 










   Di Susun Oleh :
ALMASYAH
NUR ROHIM

Fakultas Tarbiyah
Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an
PTIQ Jakarta 2013

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Tuhan semesta alam, karena dengan petunjuk-Nyalah makalah ini dapat terselesaikan.Shalawat dan salam kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW. pembimbing sekalian ummat.
Makalah ini tidak terlepas dari bimbingan dari berbagai pihak yang telah mencurahkan pikiran dan tenaganya guna terselesaikannya makalah ini, oleh sebab itu dalam kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya Bapak Dosen karena bimbinganyalah makalah ini dapat terselesaikan.
Karena keterbatasan pikiran penulis, maka makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kritik serta saran yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaanya.
Akhirnya, penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Amien Ya Robbal Alamien.










DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
BAB I             Pendahuluan                                                                                                        1
BAB II            Pembahasan                                                                                                        3
a.       Pengertianpengembangankurikulum                                                               3
b.      Prinsippengembangankurikulum                                                                     4
BAB III          Penutup                                                                                                                9
                       DaftarPustaka                                                                                                      9










BAB I
 PENDAHULUAN

Sekolahadalahinstitusisosialyang mengembantugasmenyiapkan para siswamenjadi warga masyarakat, yang sesuai dengan cita-cita, harapan,dannilai-nilaiyangberlakudandianutolehmasyarakattersebut.[1]
Oleh karena itu seluruh komponen sekolah haruslah tanggap terhadap perubahayang terjadi di  masyarakat, sebab tidamustahil jika suatu sekolah tidak  sesuai  dengan keinginamasyarakat sekitar dalam artian tidak mengikutiperkembanganmasyarakatsekitarnyasuatu waktu akan ditinggalkanolemasyarakattersebut.Minejerkomponensekolahberada pada seorangkepala sekolah, maka  kepala sekolasebagapemimpin haruslahseseorangyangprofesionaldantanggapterhadapperubahan.
Karenasalahsatuciri manusiaadalahberkembang,daselalu mengalami perubahan dari masa ke  masa yang tiadhenti, tanpbatas ruangdanwaktu.[2]Sebabdalamal-Qur’an  Allahswtmenuntut  manusia untuk  selalu melakukan perubahan halinidinyatakadengan ayatyang berbunyi:
“ Yang Artimya “Sesungguhnya  Allah   tidak   merobah  keadaan  sesuatu  kaum sehinggmerekmerobah keadaan yang ada  pada dirmereka sendiri.  dan   apabila  Allah  menghendaki  keburukan  terhadap sesuatukaum,Makatakadayangdapatmenolaknya;dansekali- kalitakadapelindungbagimerekaselainDia.(al-Ra’d:11)[3]

Dalamayatdi atasdijelaskanbahwaAllahtidakakanmerobah keadaanseseorangkecualidia melakukanperobahansendiriwalaupunkita sebagaimanusiatidaklepasdari yangnamanyaqadha’(ketetapanAllah) sebagaimanusiayang memilikiakal fikiranharusselaluberinovasimenuju yanglebih baik. Perintah berpikiriniditegaskan Allah swtdalamSurat
Aal-HadiidAyat17yangberbunyi:
Ketahuilah olehmubahwa Sesungguhnya   Allah menghidupkan bumsesudahmatinya.SesungguhnyakamiTelahmenjelaskan kepadamutanda-tandakebesaran(kami) supaya kammemikirkannya.(al-Hadiid:17).[4]
Denganbekal yang dimilikiyaituakal pikirandan kemampuan nalarnya,manusiadapatmengembangkan  wajahkehidupankearahyang lebih bagus, dinamis inovatif dan produktiyang secarestafet terusberkelanjutandarigenerasikegenerasi,sehinggaakhirnyatercapailahsuatu prestasikemajuanperadaban.[5]
Perubahan dan  perkembangan kehidupan manusia lebih berkembang pesatketika  iamengenal danbersentuhan langsung dengan dunia ilmu pengetahuadan  teknologi (IPTEK). Setelah berkembangdenganluas,iptekdapatmemberikamanfaatdankemudahan  yangluar biasabagi kehidupan,banyakiptek digunakansebagaisaranadan prasarana untukmemenuhi  kebutuhadankepentingan kehidupan  ummatmanusia. Produkiptek sepertiteknologiindustri,saranatransportasi,komunikasi, telekomunikasi,  elektro  dan   sebagainya,  hingga  akhirnya  berdampak kepadamasyarakatkita dewasaini berkembangsangatcepatmenuju masyarakatterbuka,masyarakatinformasiglobal.
Dalam   kondisi  demikian,  perubahan-perubahan  terjadi  dengan cepatmobilitasmanusia dan  barang sangat tinggi, komunikasi cepat, lancardan akurat.Perubahanyancepathampirterjadidalamsemuaaspek kehidupan, sosial,budaya,ekonomi,  politik,ideologi,  nilai-nilai etikdan estetik. Perubahan-perubahan   manusia iniakan mempengaruhi pengetahuan,kecakapansikap,aspirasi,minat, semangat,kebiasaanbahkan pola-polakehidupanmereka.







BABII
PEMBAHASAN


A. PengertianPengembanganKurikulum
Dalam   kamus  bahasa  Indonesia  kata   ”pengembangan”  secara etimologiyaitu berartiproses/cara,perbuatanmengembangkan.[6]Secara istilah,kata pengembaganmenunjukkanpadasuatu kegiatanmenghasilkasuatualatataucarayangbaru,dimanaselamakegiatantersebutpenilaian danpenyempurnaanterhadapalatataucaratersebutterusdilakukan.[7]Bilasetelahmengalamipenyempurnaan-penyempurnaan  akhirnyaalatataucara tersebutdipandangcukupmantapuntuk digunakanseterusnya,maka berakhirlahkegiatanpengembangantersrbut.
Pengertianpengembangandi atas,berlakupuladalambidangkajian “kurikulum,kegiatapengembangankurikulummencakuppenyususnan kurikulumitusendiri,pelaksanaandi sekolah-sekolahyangdisertaidengan penilaian yang intensif, dan  penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukanterhadapkomponen-komponen tertentudarikurikulumtersebutatas dasar hasil penilaian.[8]Bila kurikulum itu sudah cukup dianggapmantap,  setelah mengalami penialaiadanpenyempurnaanmaka berakhirlahtugapengembangankurikulumtersebutuntukkemudian dilanjutkan dengan tugas pembinaan. Hal iniberlaku pula untuk setiapkomponen   kurikulum,   misalnya   pengembangan   metode   mengajar, pengembanganalatpelajarandansebagainya.
Selarasdenganpengertiandanpemahamandi atas,adalahpendapaAhmadan  kawan-kawannya dalam  buku ”Pengembangan Kurikulum” yang   mengatakan  bahwa   pengembangan  kurikulum  merupakan  suatu prosesmerencanakan,menghasilkansuatualat yanglebihbaikdengan didasarkandenganhasilpenialaianterhadapkurikulumyang telah berlaku, sehinggdapat memberikan kondisbelajar mengajar yang  lebih baik. Dengankata lain, pengembangankurikulumadalahkegiatanuntumenghasilakankurikulumbaru melaluilangkah-langkahpenyususnan kurikulumatasdasarhasilpenilaianyangdilakukanselamaperiodewaktutertentu.[9]
Kedua pendapatdataapabila dikalsifikasi   meliputi beberapa unsur:
1.  Perencanaan
2.  Penyusunan
3.  Pelaksanaan
4.  Penilaian
5.  Usahapenyempurnaan
Berpijak pada  unsur-unsur ini,dapatlah peneliti simpulkan bahwa pengembangan kurikulum adalah suatu  proses perencanaan dan penyusunan kurikulum sekolah, kemudian diaplikasikannya  ke dalamkelas sebagaiwujudprosesbelajarmengajardisertaidenganpenilaian- penilaianterhadapkegiatantersebut,sebagailangkah penyempurnaan sehinggamemperolehhasilyanglebihbaikdanbagus.
Pengembangankurikulumsuatuprosessiklus,yang tidapernahada startingdantidakpernahberakhir.Hal inidesebabkanpengembangan kurikulum itumerupakan suatu  proses yangtertumpu padaunsur-unsur dalamkurikulum,yangdidalamnyameliputitujuan,isi(materi),metode,organisasidanpenilaianitusendiri.[10]

B. PrinsipPengembanganKurikulum

Kurikulummerupakansuatualat untukmencapaitujuanpendidikan dan pengajaranyangdicetuskandanditetapkanolehsekolahsecaradinamis danprogresif.Hal ini berarti,bahwakurikulumharusselaludikembangkan dan  disempurnakan   agar   sesuai   dengan   laju  perkembangan   ilmu
pengetahuan danteknologi, serta masyarakat yang sedanmembangun.[11]Olehkarenaitu,pengembangankurikulumharusmengacudan berdasarkan padaprinsip-prinsippengembangankurikulumyangberlaku.Hal ini dimaksudkan  agarhasilpengembangan kurikulumtersebutsesuaidengan minat,bakat,kebutuhanpesertadidik,lingkungan,dan kebutuhandaerah, sertakebutuhanbangsaitusendiri,sehinggaterwujudlah  tujuandancita- cita  kita  bersamamulai tingakat yang mendasar sampai padskala nasional.
Ada beberapaprinsippengembangankurikulumsecaraumumyang perlu dibahasterlebihdahulusebelummengakajiprinsippengembangan secarakhusus,sebagaiberikut:
1.  PrinsipRelevansi
Relevansimempunyaikedekatanhubungansesuatu denganapayang terjadi.Apabiladikaitkandenganpendidikan,berartiperlunya kesesuaianantara program pendidikandengantuntutankehidupan masyarakat.Pendidikan dikatakanrelevan bila  hasiyandiperoleakanbergunabagikehidupanseseorang.[12]
Ada duamacamrelevansiyangharusdimilikidalamprogram kurikulum:[13]
a.  Relevansikeluar,yaitu:
-Kesesuaian    atas   keserasian    antara   pendidikan    dengan lingkunganhidupsiswa
-Kesesuaian antarapendidikan dengan kehidupan anak didik disaatsekarangdanyangakandatang.
-Kesesuaian antarapendidikadengan tuntutan duniakerjanybagisiswa.
-Kesesuaian  antara  pendidikan  dengan  perkembangan  ilmpengetahuandanteknologi.[14]
b.  Relevansikedalam,yaitu:
Kurikulumjugaharusmemilikirelevansidi dalamyaituada kesesuaianatau konsistensiantara komponen-komponenkurikulum.yaituantara  tujuan,  isi,   proses  penyampaian  dan  penilaian. Relevansiinternalinimenunjukkansuatuketerpaduankurikulum.[15]
2.  PrinsipFleksibelitas
Fleksibelitas  berartitidakkaku,danadasemacamruanggerayangmemberikankebebasandalambertindak.Di dalamkurikulum, fleksibelitasdapatdibagimenjadiduamacam,yakni:[16]
a.  Fleksibelitasdalammemilihprogrampendidikan.
Fleksibelitasdi sinimaksudnyaadalahbentukpengadaanprogram- program pilihan yang  dapat berbentuk jurusan, program spesialisasi, ataupun program-program   pendidikan keterampilan yangdapatdipilihmuridatasdasarkemampuandanminatnya.
b.  Fleksibelitasdalampengembanganprogrampengajaran.
Fleksibelitasdi sinimaksudnyaadalahdalambentukmemberikan kesempatan  kepada   pendidik  dalam   mengembangkan  sendiri program-program pengajarandengan berpatok pada  tujuan dan bahanpengajarandidalamkurikulumyangmasihbersifatumum.
Memberikebebasanterhadapruang gerapesertadidik dan pendidikandalambertindakdi lapangan.Halinidikarenakandalamdiri anak didikterdapat banyak perbedaan-perbedaan dalam segala hal,bakat, kemampuanmembaca,menulis(belajar),keterampilan,dan sebagainya. Dengan demikiansekolah dapat  membeli fasilitas yang luas terhadapsiswa.Denganterbentuknyapengadaanprogrampilihan, jurusan,program spesialisasi,program pendidikanketerampilandalam program-programlainyangdapatdipilihsiswaatasdasarkemampuan,
kemauansertaminatdanbakatyangdimilikinya.[17]

Begitujuga seorangguru sedapatmungkinmengembangkan sendiri program-programpengajarannya.Denganberpatokandan berpegang teguh pada tujuan dalam pengajaran di  dalam kurikuluyang masih   bersifat  umum.  Upaya-upaya  di atasdilakukan  agar rancangan  kurikulum  dan   pengembangannya  serta  prakteknya  di lapangandapatakomodatifdsetiapsaatdankesempatanyangadadi sekolah.
3.  Prinsipkontinyuitas
Prinsipketiga adalahkotinuitasyaitukesinambungan.Perkembangandan prosesbelajaranakberlangsungsecara berkesinambungan,tidakterputus-putusatau tidak berhenti-henti.Oleh karenaitu,pengalaman-pengalaman  belajaryangdisediakankurikulujuga  hendaknya berkesinambungan antara satu  tingkat kelas, dengan kelaslainnya,antarasatujenjangpendidikandenganjenjanglainnya, juga antarajenjangpendidikandenganpekerjaan.Pengembangan kurikulumperludilakukansecaraserempakbersama-sama,perluselaluadkomunikasidan kerjasamaantarapara pengembangkurikulum sekolahdasardenganSMTP,SMTA,dan PerguruanTinggi.[18]Bahkan kesinambungan  antarasatubidangstudidenganberbagaibidangstudlainnya untuk menghindaritumpangtindihnyamateri pelajaranyang dilaksanakanpadasatuanpendidikan.
Prinsipkesinambungandalam pengembangankurikulumenunjukkan   adanya saling terkait atara tingkat pendidikan, jenis prograpendidikan, dan bidang studi. Minimal adadua kesinambungandalampengembangankurikulumini:[19]
a.  Kesinambungandiantaraberbagaitingkatsekolah:

1) Bahanpelajaran(subjectmatters)yang diperlukanuntukbelajar lebih  lanjut  pada  tingkat  pendidikan    yang  lebih  tinggi hendaknyasudahdiajarkanpada tingkatpendidikansebelumnyataudibawahnya.
2) Bahanpelajaran  yangtelahdiajarkan  padatingkatpendidikan yang lebihrendahtidakharusdiajrakanlagi padajenjang pendidikan  yanglebihtinggi,sehinggaterhindardaritumpang tindihdalampengaturanbahandalamprosesbelajarmengajar.
b.  Kesinambungandiantaraberbagaibidangstudi:
1)           Kesinambungan diantara  berbagai bidang studi  menunjukkan bahwa dalam pengembangankurikulumharusmemperhatikan hubungan antarabidangstudiyangsatudenganyanglainnya. Misalnya,untukmengubahangkatemperaturdariskalaCelcius ke skalaFahrenheitdalamIPAdiperlukanketerampilandalam pengalian pecahan. Karenanya,
2)           pelajaranmengenaibilangan pecahantersebuthendaknyasudahdiberikansebelumanak didik mempelajaricaramengubahtemperaturitu.
4.  Prinsippraktis
Prinsip keempatadalah praktis,mudahdilaksanakan, menggunakanalat-alatsederhanadan biayanyajugamurah.Prinsipini jugdisebutprinsipefesiensi.Betapapunbagusdan idealnyasuatu kurikulumkalaumenuntutkeahlian-keahliandan peralatanyangsangat khususdanmahalpulabiayanya,makakurikulumitutidakpraktisdansukardilaksanakan.[20]
Prinsip  efisiensi  sering  kali   dikonotasikan  dengan  prinsip ekonomi,yangberbunyi:denganmodalatau biaya,tenaga,dan waktu yang  sekecil-kecilya akan  dicapahasil yang  memuaskan. Efesiensi prosesbelajarmengajarakantercipta,apabilausaha,biaya,waktu,datenaga  yang   digunakan  untuk  menyelesaikan  program  pengajaran tersebutsangatoptimaldanhasilnyabisaseoptimalmungkin,tentunya denganpertimbanganyangrasionaldanwajar.[21]
Dalampengembangan kurikulum, prinsip  efisiensiharus mendapatperhatiantermasukefisiensisegwaktu,tenaga,peralatandan biaya.Efisiensiwaktuperludirencanakan kegiatanbelajarsiswaagar tidakbanyakmembuangwaktudi sekolah.Efisiensipenggunaantenaga dan  peralatan perlu ditetapkan jumlah minimal siswyang harus dipenuhi  oleh  sekolah  dan   cara  menentukan  jumlah  guru  yang dibutuhkan.Denganmengusahakantercapainyaberbagaisegiefisiensi diatas,diharapkandapatdicapaiefisiensi-efisiensidiatas,diharapkandicapaiefisiensidalampembiayaanpendidikan.[22]






BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dan apa yang telah dipaparkan pada bab – bab sebelumnya, maka dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut. Keberhasilan pendidikan pada MA merupakan tangung jawab bersama pengelola da semua unsur yang ada.Keberhasilan di MA di masa-masa yang lalu baik secara kuantitatif cukup menggembirakan. Untuk menghadai masa-masa yang akan datang yang semakin komplektidak terkecuali bidangpendidikan.

DAFTARPUSTAKA


Ali,Muhammad. Pengembangan KurikulumdiSekolah. Bandung: Sinar Baru,2005.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta,2002.
Azra,Azumardi.PendidikanIslam.Jakarta:Logos,2000.
Dakir.PerencanaandanPengembanganKurikulum.Jakarta:RinekaCipta,2004. Daradjat,Zakiah.IlmuPendidikanIslam.Jakarta:BumiAksara,2006.
DepaRI. Penjelasan TentangPeraturan Pemerintah RI. Surabaya: Depag
Kanwil,2005.
Desmita,PsikologiPerkembanga.,Bandung:RemajaRosdakarya,2009. Hadi,Sutrisno.MetodologiResearch.Yogyakarta:Andi,2000.
Hamalik,Oemar.Dasar-DasarPengembanganKurikulum.Bandung:PT.Remaja
Rosdakarya,2008.
Hamalik,  Oemar. Manajemen  Pengembangan  Kurikulum.Bandung:  Remaja
Rosdakarya,2010.
Hamalik,Oemar.KurikulumdanPembelajaran.Jakarta:BumiAksara,1995. Hamalik, Oemar. Sistem danProsedur Pengembangan Kurikulum. Bandung:
TrigandaKarya,1993.
HM.Ahmad dkk. Pengembangan Kurikulumdi Perguruan Tinggi. BandungPustakaSetia,1998.




[1]OemarHamalik,Dasar-DasarPengembanganKurikulum(Bandung:PT.RemajRosdakarya,2008),59.
[2] NanaSyaodihSukmadinata,PengembanganKurikulumTeoridanPraktek(Bandung:PT. RemajajaRosdakarya,2008),60.
[3]LajnahPentashehMushafAl-Qur’anDepagRI,Al-Qur’andanTerjemahnya(Bandung:PT SyaamilCiptaMedia,2005),250.

[4]Ibid,539
[5]JujunSyairSuriasumantri,FilsafatIlmuSebuahPengantarPopuler(Jakarta:PustakaSinar Harapan,1999),161.

[6]TimPenyusunKamusPusatBahasa,KamusBesarBahasaIndonesia(Jakarta:BalaiPustaka,
2007),538.
[7]HendayatSutopo,WestySoemanto,PembinaandanPengembanganKurikulumSebagai
SubstansiProblemAdministrasiPendidikan(Jakarta:BumiAksara,1993),45.
[8]A.HamidSyarif,PengembanganKurikulum(Surabaya:Binailmu,1993),33.

[9]HM.Ahmaddkk,PengembanganKurikulumdi PerguruanTinggi(Bandung:PustakaSetia,
1998),64.
[10]HamidSyarif,PengembanganKurikulum,34.
[11]Subandiyah,PengembangandanInovasiKurikulum(Jakarta:GrafindoPersada,1993),48.

[12]AbdullahIdi,PengembanganKurikulumTeoridanPraktik(Jogjakarta:Ar-RuzzMedia, 2010),179
[13]NanaSyaodihSukmadinata,PengembanganKurikulumTeoridanPraktek(Bandung: RemajaRosdakarya,2008),150.
[14]Subandiyah,PengembangandanInovasiKurikulum,49.
[15]NanaSyaodihSukmadinata,PengembanganKurikulumTeoridanPraktek,151.
[16]AbdullahIdi,PengembanganKurikulumTeoridanPraktik,182.
[17]ZakiyahDrajat,PendidikanIslam(Jakarta:BumiAksara,2006),127.

[18]NanaSyaodihSukmadinata,PengembanganKurikulumTeoridanPraktek,151.
[19]AbdullahIdi,PengembanganKurikulumTeoridanPraktik,182
[20]NanaSyaodihSukmadinata,PengembanganKurikulumTeoridanPraktek,151.
[21]AbdullahIdi,PengembanganKurikulumTeoridanPraktik,181.
[22]A.HamidSyarif,PengenalanKurikulum(Pasuruan:GarudaBuanaIndah,1993),51.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar