Senin, 27 Januari 2014

strategi belajar mengajar

Tinjauan Terhadap Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Materi Substansi Akhlak Pada Smp Kelas 7 Semester 2
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas makalah pada mata kuliah
Perencanaan Strategi Pembelajaran
Senin, 04 Februari 2013
DISUSUN OLEH:
Almasyah Ahmad Syathiri


unduhan

DOSEN PEBIMBING:
Bpk. Drs. H. Mahmud, MM
Fakultas Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Semester III
Institut Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ)
Jakarta
2013M/1434H


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji syukur kepada Allah SWT. Karena berkat rahmatnya dan hidayahnya makalah ini bisa tersusun dengan baik demi memenuhi tugas mata kuliah prerncanaan dan strategi pembelajaran.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk berusaha menyusun makalah hingga selesai tepat pada waktunya. Tak lupa pula ucapan terima kasih kami kepada bapak dosen pembimbing yaitu, bapak Mahmud U. yapi, M.M yang tak kenal lelah membibimbing kami khususnya pada mata kuliah prerncanaan dan strategi pembelajaran.
Kami segenap penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna oleh karena itu, krtitk dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi makalah ini.
Semoga makalah ini bermanfaat untuk pengembangan wawasan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua dan memberikan informasi khususnya teman-teman mahasiswa dan umumnya bagi seluruh masyarakat indonesia, terima kasih.
Wassalam
                                                                             Jakarta, 04 februari 2013
                                                                                               


penyusun






A.   Pendahuluan
“Tiada hari tanpa kebaikan dan kebaikan itu mencerminkan akhlak yang mulia”, itulah kata-kata yang baik dengan kehidupan dan akhlak yang mulia. Karena kehidupan manusia seakan – akan tidak bisa lepas dari akhlak dan budi pekerti yang baik , baik kalangan remaja, dewasa, orang tua bahkan anak-anakpun diwajibkan untuk membiasakan dengan kehidupan dan akhlak yang baik. Hal itu disebabkan tidak lain oleh efek yang diajarkan olrh orang tuanya, yang menjadikan anak – anaknya berakhlak mulia.
Di samping itu, “Akhlak” yang menegaskan bahwa manusia tidak akan pernah lepas dari proses pendidikan. Dalam kesehariannya selalu diliputi oleh nuansa-nuansa pendidikan, baik pendidikan dalam keluarga, masyarakat maupun pendidikan formal (sekolah / madrasah). Karena dengannyalah mereka akan dibentuk sesuai dengan pola yang dikehendaki meskipun terkadang output yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.1
Kedua istilah tersebut, yakni substansi dan akhlak, pada saat ini bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling melengkapi dan memberikan pengaruh yang cukup besar. Oleh karenanya dirasa cukup penting untuk membahasnya mengingat akhlak dalam aspek pendidikan merupakan tuntutan yang harus dipenuhi oleh setiap yang ingin mengembangkan dan meningkatkan wawasan keilmuan dan keterampilannya.[1]
Dalam mengembangkan pendidikan agama Islampun peran te sangat penting. Misalnya dalam kegiatan pembelajaran, media pembelajaran sangat perlu digunakan oleh pendidik agar peserta didik lebih bisa memahami dan merasa tertarik dengan materi yang disampaikan. Dalam makalah ini yang menjadi pokok bahasan ialah definisi materi substansi akhlak terhadap dunia pendidikan dan ruang lingkup pendidikan. Namun, kekurang sempurnaan sangat melekat dalam penulisan makalah ini sehingga masih mengharap kritik dan saran dari pembaca yang budiman.[2]

B.     PEMBAHASAN

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
Mts Al-Jamhuriyah Gandul
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
11. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
11.1. Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.

Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Teliti ( Carefully )
Kerjakeras ( Bravery )

Materi Pembelajaran
  • Pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti
  • Dalil naqli tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti
  • Fungsi kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan

Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
  • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
    • Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
    • LKS MGMP PAI
    • Mushaf Al-Qur’an[3]

Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
  • Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya.
  • Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya.
  • Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan dalilnya.
  • Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya.
Tes tertulis
Tes uraian
  • Jelaskan pengertian kerja keras!
  • Jelakan pengertian tekun!
  • Jelaskan pengertian ulet dan teliti!
  • Apakah fungsi kerja keras?
  • Tulislah dalil naqli tentang tekun!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
 Mts Al-Jamhuriyah Gandul
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
11. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
11.2. Menampilkan contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan dan menyukainya.

Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Teliti ( Carefully )
Kerjakeras ( Bravery )

Materi Pembelajaran
  • Contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan.

Metode Pembelajaran
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • Penugasan
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
  • Siswa melaporkan hasilnya.



Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar
    • Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
    • LKS MGMP PAI[4]

Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
  • Menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras.
  • Menyebutkan contoh-contoh perilaku tekun.
  • Menyebutkan contoh-contoh perilaku ulet.
  • Menyebutkan contoh-contoh perilaku teliti.
Tes tertulis
Tes uraian
  • Ceritakan contoh penerapan kerja keras!
  • Ceritakan contoh penerapan tekun!
  • Ceritakan contoh penerapan ulet!
  • Ceritakan contoh penerapan teliti!


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
 Mts Al-Jamhuriyah Gandul
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
11. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
11.3. Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat membiasakan diri berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.

Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Teliti ( Carefully )
Kerjakeras ( Bravery )

Materi Pembelajaran
  • Pembiasaan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
  • Manfaat berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan

Metode Pembelajaran
  • Tanya jawab
  • Modeling
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
  • Siswa melakukan simulasi perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
  • Siswa menuliskan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )




Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar
    • Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
    • LKS MGMP PAI[5]

Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
  • Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan keluarga.
  • Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan sekolah.
  • Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan masyarakat.
Unjuk kerja
Tes simulasi
  • Simulasikan sikap anak yang bekerja keras ketika mendapatkan tugas!
  • Simulasikan sikap anak yang tekun dalam belajar!
  • Simulasikan sikap anak yang ulet ketika sedang menemui kesulitan dalam tugasnya!
  • Simulasikan sikap anak yang teliti saat mengerjakan suatu pekerjaan!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
Mts Al-Jamhuriyah Gandul
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
12. Memahami tatacara salat Jumat
Kompetensi Dasar
:
12.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan salat Jumat
Alokasi Waktu
:
4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian, syarat-syarat, sunah-sunah salat Jumat, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan halangannya.

Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kerjasama
Kecintaan

Materi Pembelajaran
  • Pengertian salat Jumat
  • Dalil naqli tentang hukum salat Jumat
  • Syarat-syarat salat Jumat
  • Ketentuan khutbah Jumat
  • Sunah-sunah salat Jumat
  • Halangan salat Jumat

Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya salat Jumat.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian, syarat-syarat, salat Jumat.
2). Elaborasi
  • Siswa berlatih membaca dan mengartikan dalil naqli tentang salat Jumat.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Pertemuan kedua
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya salat Jumat.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan sunah-sunah salat Jumat.
2). Elaborasi
  • Siswa menelaah halangan salat Jumat dan ketentuan orang yang meninggalkannya melalui dalil naqli/hadits.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar
    • Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
    • LKS MGMP PAI
    • Mushaf Al-Qur’an[6]

Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
  • Menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar hukumnya.
  • Menjelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.
  • Menjelaskan perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jum’at.
  • Menyebutkan beberapa halangan melaksanakan shalat Jum’at.
Tes tertulis
Tes uraian
  • Jelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar hukumnya.
  • Jelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.
  • Jelaskan perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jum’at.
  • Sebutkan beberapa halangan melaksanakan shalat Jum’at.[7]

C.     SARANA PRASARANA

1.    Mdrasah
2.    Masjid
3.    Al-Qur’an
4.    Buku tulus
5.    Pensil
6.    Papan tulis
7.    Kapur
8.    Pengapus

D.    NAMA – NAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

1.    Muhammad rohili
2.    Ahmad zulki
3.    Ibrahim
4.    Badru sholih

E.     NAMA – NAMA MURID

1.    Muhammad Abdul
2.    Izudin
3.    Abdul hadid
4.    Adam
5.    Taufiqurrahman Al-Hafizh
6.    Muhammad regi
7.    Rahmat
8.    Esa
9.    Mulfi
10. Iqbal ri’fai
11. Bima
12. Bayu
13. Nugraha
14. Muhammad yusuf
15. Adit
16. Muhammad madun
17. Tsuraya
18. Alya
19. Najya
20. Ni’mah
21. Wiwie
22. Siti fadilah
23. Maesaroh
24. Fatimah

F.            PENUTUP

Dari penjelasan sebelumnya dapat diambil benang merahnya bahwa alhlak dan pendidikan merupakan dua elemen yang sangat besar peranannya dalam mengembangkan dan meningkatkan kepribadian seseorang. Hal ini dapat diindikasikan melalui proses pendidikan dan pembelajaran yang menggunakan akhlak dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu. Dengan akhlak, kegiatan pendidikan akan lebih variatif, penggunaan media akan menambah kreatifitas siswa dan keterampilan serta penguasaan siswa terhadap materi pelajaran akan lebih komplek.



DAFTAR PUSTAKA

Achsin, A. Media Pendidikan dalam Kegiatan Belajar-Mengajar. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang, 1986.
Janie, Umar A. Paradigma dan Regulitas Perkembangan IPTEK; dalamReliguisitas IPTEK, ed, Abdul Munir Mulkam, et.al. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Komaruddin. Ensiklopedi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Kuper, Adam dan Jessica Kuper. Ensiklopedi Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar